27/10/09

Tugas TEORI ORGANISASI UMUM 1

Peranan Komunikasi Dalam Keefektifan Media Elektronik

Kelebihannya yaitu:

1. Komunikasi adalah suatu pelaksanaan hubungan yang khas dan mempunyai cirri serta aspek berlangsung dua arah serta timbal balik. Komunikasi yang paling efektif melalui media elektronik yaitu radio saat ini masih tetap menjadi jalur informasi yang paling efektif, karena televisi masih banyak belum dimiliki oleh masyarakat.

Komunikasi dalam teori terdiri dari:

a. Unsur-unsur

Komunikator

Komunikan

Berita / informasi

Feed back

Media / transmitting

b. Alur / tahapan

Proses mulai dari kepemilikan berita

Keakuratan berita

Kemudahan untuk diterima dan dipahami

Atraktif yang dimiliki

Faktor edukasi yang terkandung

Derajat kepercayaan yang diciptakan

Komunikasi dalam kenyataan praktek terdiri dari:

a. Formal : yang ada dalam aturan struktur organisasi

b. Informal : bentuknya yang tidak ditentukan dengan aturan struktur organisasi

Untuk mendukung dan terwujudnya komunikasi bebas hambatan baik dilingkungan sendiri maupun diluar lingkungan sendiri untuk saat ini konteks komunikasi masyarakat luas telah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi antara lain melalui penggunaan surat elektronik (e-mail) yang telah membantu meningkatkan efisiensi dalam memperoleh dan melakukan komunikasi.

2. Komunikasi dengan masyarakat luas antara lain:

a. Kontrak pribadi

Dalam hubungan komunikasi ini unsur yang penting adalah perlakuan terhadap perorangan yang berhubungan dengan orang yang mewakili instansi atau lainnya.

Untuk pribadi ini terutama harus benar-benar diperbaharui oleh orang / masyarakat melalui short message of service (sms).

b. Melalui media elektronik

Radio dan Televisi adalah penghubung komunikasi dengan dunia luar, satu-satunya saluran untuk penghubung dan menyalurkan dengan menyampaikan informasi yang tidak mengenal jarak dari kebutahurufan.

c. Media Komunikasi dan Informasi lainnya

Upaya untuk setiap orang atau masyarakat menyebarluaskan sesuatu informasi dan mengadakan komunikasi dengan masyarakat luas antara lain : Telepon, Internet dan e-mail.

Dapat dimanfaatkan salah satu media elektronik tersebut diatas. Harus dapat memikirkan efektifitasnya, maka tiap orang atau masyarakat harus mempunyai pengetahuan tentang media kominikasi hingga dapat memilihnya dengan tepat.

3. Komunikasi Persuatif

Suatu usaha untuk meyakinkan orang atau masyarakat agar mau berbuat dan bertingkah laku seperti yang diharapkan komunikator dengan cara membujuk tanpa memaksa atau tanpa kekerasan.

a. Tujuan pokok dari Komunikasi Persuatif adalah untuk mempengaruhi pikiran, perasaan dan tingkah laku seseorang atau masyarakat tertentu. Kemudian mereka melakukan tindakan / perbuatan sebagaimana yang dikehendaki oleh komunikator.

b. Persuasi bukanlah sekedar untuk membujuk dan merayu saja tetapi persuasi merupakan suatu teknik mempengaruhi dengan menggunakan serta memanfaatkan data dan fakta psikologis serta sosiologis dari masyarakat yang kita pengaruhi. Oleh sebab itu komunikator harus memiliki kemampuan untuk memperkirakan keadaan masyarakat yang dihadapi.

4. Persyaratan pesan yang persuasif adalah

a. Pesan yang disampaikan harus dapat menstimulir sesuatu pada masyarakat sasaran.

b. Pesan itu harus berisi lambing atau tanda komunikasi yang sesuai dengan daya tangkap, daya serap dan daya tafsir dan berguna besar masyarakat sasaran.

c. Pesan harus dapat membangkitkan kepentingan atau harapan tertentu dan masyarakat sasaran dan pesan berikutnya harus membentuk saran atau upaya tertentu untuk pemenuhan harapan itu.

d. Pesan yang menyarankan usaha atau upaya tersebut diatas disesuaikan dengan situasi dan norma masyarakat sasaran dimana sasaran itu berada.

Hambatan

1. Kendala-kendala yang dihadapi peranan komunikasi dalam keefektifan media elektronik adalah

Secara kuantitas perkembangan komunikasi baik perorangan, masyarakat dan institusi yang ada relatif telah menunjukan gambaran yang menggembirakan.

Namun demikian peningkatan kuantitas ini tampaknya tidak dibarengi dengan peningkatan sarana-sarana yang memadai serta orientasi yang sesuai kebutuhan nyata dunia media elektronik dari berbagai aspek-aspek antara lain:

a. Aspek Hukumnya

b. Aspek Sosialnya

c. Aspek Ekonominya

d. Aspek Budaya yang ada

e. Aspek Politikannya

f. Aspek Lainnya

2. Tuntutan agar efektif media elektronik mampu diorganisir harus memiliki kualitas-kualitas

a. Skill : keahlian bagi masyarakat untuk mempergunakan media elektronik yang semakin canggih apakah mampu secara efektif dan praktis untuk menarik minat masyarakat seluruhnya.

b. Knowledge : apakah masyarakat seluruhnya memiliki pengetahuan yang mendalam mempelajari media elektronik untuk public dan media.

c. Abilities : masyarakat seluruhnya dalam hal menguasai media elektronik mampu memecahkan masalah, membuat keputusan yang tidak berpihak, bersikap abyelitif mampu meyakinkan masyarakat.

d. Qualities : masyarakat luas pada umunya apakah sudah berakal sehat memilih kemampuan untuk maju bersikap positif, memilih minat yang luas, rasa ingin tahu yang tinggi dalam pesan komunikasi yang efektif di media elektronik.

Demikianlah tugas ini saya buat sesuai dengan kemampuan dan bahan-bahan literature seadanya mudah-mudahan memenuhi syarat dan diterima dengan sebaiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar