02/11/09

TUGAS

Physiological Needs

Sebuah perusahaan dibangun untuk melengkapi suatu kebutuhan yang di butuhkan oleh manusia untuk hidup dan untuk mencari keuntungan yg besar, Ada perusaan kecil dan ada perusahaan besar yang bersaing untuk mendapatkan popularitas baik dalam negeri maupun luar negeri,seperti perusahan Nokia, Apple, Acer, Toshiba dan lain-lain yang merupakan perusahaan besar yang telah terkenal didunia yang bergerak dibidang electronic sehingga dapat mempermudah manusia untuk melakukan kegiatannya sehari-hari. Di Indonesia banyak berdiri perusahaan-perusahaan baik besar maupun kecil dari dalam negeri dan luar negeri.

Keberhasilan perusahaan untuk mempertahankan karyawan terbaik tidaklah mudah dibutuhkan management yang baik dan ditunjang dengan fasilitas-fasilitas untuk membuat para karyawan dapat nyaman bekerja dan memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi dan memberikan yang terbaik untuk perusahaan tersebut . Setiap karyawan memiliki latar belakang yang berbeda dan dengan adanya fasilitas tersebut dapat membantu mereka dalam kehidupan mereka. ada banyak fasilitas yg diberikan perusahaan untuk setiap pegawainya. Ada kebutuhan Fisiologis (physiological needs), kebutuhan keamanan (safety needs) , kebutuhan social (social needs), Kebutuhan penghargaan ( steem needs ), kebutuhan aktualisasi (self-actualization needs) dll yang diharapkan untuk memotivasi semangat mereka untuk bekerja.

Fasilitas ini di buat berdasarkan kebutuhan manusia itu sendiri, seperti kebutuhan fisiologis (physiological needs) yaitu kebutuhan seperti lapar, haus, perumahan dll, terutama untuk Indonesia. Indonesia merupakan Negara yang banyak memiliki sumber daya alam yang melimpah yang memiliki sumber daya alam yang beraneka ragam akan tetapi rakyat hidup sangat tidak makmur. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya masyarakat bekerja untuk menapatkan uang dalam memahami bahwa bekerja adalah suatu alat atau instrumen, maka dapat kita bagi menjadi dua bagian yaitu sebagai alat untuk mendapatkan penghasilan dan sebagai alat untuk melakukan aktivitas. Bahwa bekerja merupakan alat untuk memperoleh penghasilan, karena hal tersebut sudah merupakan hal yang umum dan sangat terkait dengan kebutuhan fisiologis dasar.

Dalam hal bekerja sangatlah jelas bagi kita bahwa dengan bekerja seseorang akan memiliki serangkaian aktivitas yang pasti dan jelas. Dengan bekerja maka semua kegiatan seolah-olah menjadi terprogram. Contoh: orang yang memiliki pekerjaan pasti akan bangun tidur pada jam tertentu, mandi dan sarapan dalam waktu tertentu, lalu berangkat kerja pada jam tertentu, bekerja dengan rentang waktu yang sudah jelas, dan kemudian pulang ke rumahnya pada jam tertentu pula. Semua waktu terlihat diisi dengan optimal dan bermanfaat, sehingga hampir tidak ada ruang untuk meratapi kemalangan hidup atau hal-hal negatif dalam diri individu.

Dengan adanya fasilitas dapat membantu masyarakat terutama karyawan dalam kehidupan mereka . Fasilitas tempat seperti rumah sangat penting, melihat harga rumah yang sangat mahal, maka perusahaan membuat fasilitas ini untuk karyawannya agar keluarga karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut dapat hidup selayaknya,dengan kenyamaan di dalam rumah tanpa harus mencari pinjaman untuk membeli rumah atau mengontrak rumah karena hal ini dapat mempengaruhi karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Dengan adanya fasilitas tersebut karyawan yang bekerja diperusahaan tersebut dapat bekerja dengan tenang tanpa memikirkan keluarga mereka karena keluarga mereka sudah hidup tenang dirumah yang mereka tempati,mereka bisa tidur dengan nyaman dirumah mereka dan bangun dengan segar bersiap siap untuk bekerja dengan pikiran yang lebih fresh. Sehingga dapat menghasilkan pemikiran dan tenaga yang stabil sesuai dengan harapan perusahaan,

Dengan adanya fasilitas tersebut bedampak positif untuk karyawan tersebut,tapi itu saja tidak cukup,perusahaan juga memikirkan vitamin dan gizi yang cukup untuk karyawannya untuk mendapatkan ide-ide cemerlang untuk memajukan perusahaan tempat mereka bekerja sehingga pemikiran yang segar dapat muncul dan memberikan inovasi baru untuk perusahaan tersebut. Perusahaan memberikan fasilitas makanan untuk karyawannya dengan memberikan voucher makanan, supermarket perusahaan dll.

Perusahaan memberikan fasilitas tersebut untuk mencukupi kebutuhan karyawannya 4 sehat 5 sempurna sebagai bukti bahwa perusahaan tersebut serius akan kepedulian karyawannya. Perusahaan tidak perlu khawatir lagi akan kondisi kayawannya, karena jasmani mereka sudah diberikan supplies makanan yang sehat, bergizi sehinggga kehadiran karyawan dikantor akan mencapai 90% kehadirannya. Dengan adanya fasilitas ini juga dapat membantu keluarga karyawan yang bekerja diperusahaan tersebut.Para karyawan tidak perlu bingung memikirkan makanan untuk keluarga mereka apa yang dibutuhkan dapat tersedia dengan lengkap.

Kemungkinan ide-ide lebih segar akan muncul,membawa perusahaan kedalam kemakmuran, juga kinerja karyawan lebih ulet dan tampil setiap menjalankan tugas mereka SDM yang ada akan lebih berpotensi.Karena ide atau pemikiran yang bagus sangat dbutuhkan untuk memajukan perusahaan bukan otot melainkan kepintaran yang dibutuhkan,maka tidak jarang bnyak perusahaan-perusahaan memberikan fasilitas ini kepada karyawannya.

Semua fasilitas ini diberikan untuk memotivasi mereka dalam bekerja untuk menunjang kehidupan mereka menjadi lebih baik,baik dalam kehidupan mereka sehari-hari atau untuk perusahaan mereka bekerja. Dan menghasilkan tenaga kerja yang optimal bukan untuk membuat mereka malas-malasan dengan adanya fasilitas ini dan memanfaatkan fasilitas ini untuk kebutuhan pribadi bukan untuk royalty mereka terhadap perusahaan. Perusahaan yang maju apabila terjadi kerja sama para karyawan dan kecintaan mereka terhadap perusahaan bukan untuk mencari gaji dan tunjangan dari perusahaan tersebut.

Saya memilih fasilitas ini karena menurut saya banyak masyarakat terutama di Indonesia yang kekurangan makanan tempat tinggal dan lain-lain.Masih banyak masyarakat yang akan kekurangan vitamin dan gizi banyak dari mereka yang cacat organ badannya tidak tumbuh dengan sempurna juga keberadaan mereka yang tidak jelas dan mereka tidak tahu untuk tinggal dimana pada yang dipinggir jalan, di bawah kolong jembatan dan lain-lain. Bahkan masih banyak kejahatan dan kerusuhan yang serin terjadi di Negara kita ini itu karena kebutuhan ekonomi yang semakin lama semakin mahal sehingga membuat kepribadian manusia tertuju untuk diri mereka sendiri yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka tanpa memperdulikan cara mereka mendapatkannya.

Indonesia merupakan Negara yang kaya tapi apa pantas disebut kaya jika melihat rakyat nya masih diselimuti dengan kemiskinan, dibandingkan dengan Negara-Negara tetangga yang bisa dikatakan sumber daya alamnya masih jauh di bawah Negara kita masyarakat dan luas Negara yang bisa dikatakan tidak sebesar Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar