28/12/09

Budidaya Tanaman Suplir

Tanaman suplir memang sangat popular sebagai tanaman hias yang berdaun indah. Di Indonesia budidaya tanaman hias sudah lama dilakukan. Jika ingin berwiraswasta di bidang budidaya tanaman hias suplir, ada beberapa langkah-langkah pembudidayaan yg perlu kita ketahui :

1. Teknik Pembuatan Media Tanam

Pada tahapan ini kita diharuskan mengetahui bagaimana cara membuat media tanam yang baik. Tahapan ini sangat penting untuk menunjang keberhasilan dalam budidaya usaha tanaman suplir. Terkadang tahapan ini sering terlupakan atau kurang dikuasai sepenuhnya.

2. Teknik Pemeliharaan

Pada tahapan ini diharuskan untuk mengetahui cara memelihara tanaman suplir agar menjadi tanaman hias yang sehat, subur, dan indah. Tahapan ini meliputi: menanam, menyiram, memupuk, menjaga lingkungan dan penggantian pot.

3. Teknik Perbanyakan

Meliputi : teknik perbanyakan vegetatif dan perbanyakan generatif. Kedua teknik ini perlu dikuasai dan dipahami karena mempunyai pengaruh yang besar terhadap kelangsungan usaha pembudidayaan tanaman suplir.

Ketiga tahapan-tahapan tersebut saling berhubungan satu sama lain. Semua tidak akan berhasil bila mempelajari atau menguasai salah satunya, misal : teknik pembuatan media tanam saja, atau teknik pemeliharaan saja, atau teknik perbanyakan saja. Oleh karena itu ketiga tahap tersebut harus dikuasai dan dipelajari sepenuhnya. Selain dari ketiga tahap itu ada tahapan lainnya yang perlu diperhatikan yaitu memberantas hama dan penyakit tanaman suplir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar