30/12/09

Jakarta Duluu..

Kota Jakarta memasuki usia ke -428. Kota ini sudah mengalami banyak perubahan. Dari segi bangunan, jalan raya dan gedung-gedung bertingkatnya. Banyak pemandangan bagaimana Jakarta dulu yang sering kita lihat di pemberitaan tv yaitu Kota Tua.

Istana Putih

Dibangun pada tahun 1828 oleh Daendels, kemudian diselesaikan oleh Gubernur Jenderal Du Bus. Kini halaman depan bangunan itu tak seluas dulu.

Gedung Kesenian Jakarta

Dulunya gedung ini bernama Stadtsschouwburg (teater kota) atau Gedung Komidi. Gedung ini dibangun pada tahun 1821 oleh Lie Atje. Gedung ini pernah dijadikan sebagai tempat Kongres Pemoeda yang pertama pada tahun 1926. Pernah juga digunakan Presiden Soekarno untuk meresmikan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) pada 29-8-1945. Saat ini, gedung itu dikenal Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Sejak tahun 1987 gedung ini digunakan sebagai tempat pagelaran music dan sandiwara.

Gedung Harmoni

Gedung ini dibangun oleh Daendels pada tahun 1809 dan diselesaikan oleh Raflles pada tahun 1815. Gedung Harmoni terletak disebelah kiri, sedang diseberang jalannya tampak rumah pejahit mode Oger Freres. Jalan yang membujur diantara Harmoni dan rumah Oger saat ini dikenal dengan jalan Majapahit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar