03/06/10

Ada Kasus Tumpahan Minyak, Obama Tetap ke Indonesia

TEMPO Interaktif, Washington - Meski tengah sibuk mengurusi tumpahan minyak di Teluk Meksiko, Presiden Amerika Serikat Barack Obama masih berencana mengunjungi Indonesia bulan ini.

Juru Bicara Gedung Putih Bill Burton mengatakan, "Ada banyak alasan untuk melakukan kunjungan tersebut."

Sebelumnya, muncul kekhawatiran Obama bakal membatalkan kunjungan ke Indonesia karena kasus tumpahnya minyak di Teluk Meksiko. Sekretaris Pers Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan dirinya tidak tahu apakah ada pertimbangan agar kunjungan tersebut ditunda.

Muncratnya minyak terjadi setelah anjungan lepas pantai milik Britis Petroleum meledak dan ambruk pada 22 April 2010. Minyak akhirnya keluar dari sumur pengeboran di kedalaman 1.500 meter. Setiap hari diperkirakan 750 ribu liter meluap dan mencemari pantai selatan Amerika.

Obama sebelumnya telah membatalkan kunjungan ke Indonesia pada Maret lalu. Pembatalan dilakukan karena Obama ingin fokus menggolkan Rancangan Undang-Undang Reformasi Kesehatan

Obama sendiri memilik keterikatan emosional dengan Indonesia. Ia pernah tinggal di Jakarta bersama ibu dan ayah tirinya dari usia enam-10 tahun.


sumber : http://tempointeraktif.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar