03/06/10

Bikin Makanan Sehat Itu Mudah

TEMPO Interaktif, Cara menjaga tubuh sehat di antaranya dengan mengkonsumi makanan sehat. Hanya, sebagian orang menilai menyiapkan makan sehat itu ribet. Pandangan itu tak sepenuhnya benar. Menyiapkan makanan sehat tak selalu sesulit dibayangkan.

Tak hanya soal kesulitan menyiapkan makanan, umumnya masyarakat juga tidak paham tentang pentingnya makan makanan sehat. Apalagi makanan cepat saji sangat banyak tersedia di mana-mana, dari makanan yang dibekukan, dikeringkan, dikemas dengan tambahan pengawet, hingga yang disajikan restoran cepat saji.

Umumnya masyarakat di kota-kota besar memilih makanan cepat saji karena kesibukan mereka. Kalaupun punya waktu memasak, sering kali caranya salah sehingga nutrisinya rusak. Penulis sejumlah buku resep masakan Hiang Marahimin punya beberapa resep masakan yang mudah dicoba di rumah.

Beberapa resep itu antara lain ubi jalar berbumbu dan ayam kukus saus jahe pedas. "Menyiapkan makanan sehat gampang, kok, yang penting pakai bahan alami," kata Hiang dalam acara memasak di Jakarta dua pekan lalu.

Untuk membuat ubi jalar berbumbu, bahan yang perlu disiapkan ialah ubi jalar sebanyak 300 gram, garam dan merica hitam secukupnya, serta setengah sendok makan minyak zaitun. Cara membuatnya, dengan mengukus ubi jalar yang sudah dibumbui itu.
Adapun dalam membuat ayam kukus saus jahe pedas, bahan yang disiapkan satu dada ayam dengan atau tanpa tulang yang sudah dibelah dua dan potongan daun bawang. Dada ayam itu diolesi minyak dan ditaburi daun bawang, lalu dikukus.

Untuk sausnya, setengah jahe cincang, daun bawang cincang, satu sendok makan kecap asin, setengah sendok teh chili oil, dan setengah sendok teh minyak wijen, serta 60 mililiter minyak jagung atau minyak goreng lain. Semua bahan tersebut dicampur dalam mangkuk kecil.

Dalam menyiapkan makanan sehat, kata Hiang, kualitas bahan-bahan turut menentukan. Sebaiknya menggunakan bahan organik. Namun jika tidak pun tidak apa-apa. Soal rasa, bahan organik terkadang lebih enak. Namun ada pula yang tidak enak, seperti kedelai organik, yang cenderung lebih berlendir.

Menyiapkan makanan sehat juga berhubungan dengan proses penyajian. Ada beberapa jenis makanan yang bisa disajikan mentah, tapi ada pula yang perlu dimasak agar mudah dicerna. Hal yang perlu diingat saat memasak adalah makin panas makanan, makin hilang nutrisinya. Maka sebaiknya makanan tidak dipanaskan kembali, tapi membuat makanan untuk sekali habis.

Hiang menambahkan, hidup sehat tak harus menyiksa diri dengan membatasi jenis makanan, sekali-sekali kita masih boleh makan makanan lain. Sebab, menjaga tubuh sehat tak hanya soal tubuh, tapi juga perlu jiwa yang sehat. "Buat apa membatasi makanan tapi tidak bahagia. Jadi harus seimbang," kata pengasuh rubrik memasak di majalah Nirmala ini.

Hal penting dalam menjaga tubuh sehat adalah mengkonsumsi makanan sehat serta menjaga kesehatan jiwa. Makanan tidak sekadar dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh, tapi ada unsur hiburan, yakni makanan yang rasanya enak.


sumber : http://tempointeraktif.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar