03/06/10

Menpora: Membangun Olah Raga Mulai dari Rekreasi

Jakarta (ANTARA) - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Malaranggeng menginginkan pembangunan olahraga diawali dari olahraga rekreasi.

Ia mengungkapkan hal itu dalam pelantikan pengurus nasional Federasi olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) masa bakti 2009-2014 di Jakarta, Kamis.

"Kalau kita ingin membangun olahraga harus dimulai dari basisnya yaitu olahraga rekreasi," ujarnya di depan pengurus nasional FORMI.

Ia mengungkapkan dengan adanya FORMI sebagai wadah bagi olahraga rekreasi tersebut, akan merangsang masyarakat Indonesia untuk menjadikan olahraga rekreasi sebagai gaya hidup.

"Salah satu efek dari olahraga rekreasi ini adalah membuat masyarakat menjadi sehat, jadi kembangkanlah olah raga rekreasi sebagai gaya hidup masyarakat," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Hayono Isman selaku ketua umum FORMI, yang mengatakan FORMI adalah tempat perhimpunan olah raga non prestasi.

"FORMI sendiri sebenarnya didirikan oleh perhimpunan olahraga non prestasi seperti Satria Nusantara dan Barongsai. Sehingga diharapkan dapat menjadi perhimpunan olah raga nonprestasi," ujarnya.

Pelantikan pengurus nasional FORMI tersebut diikuti 18 pengurus FORMI yang ada di Indonesia di antaranya FORMI Nangroe Aceh Darrusalam (NAD), Sumut, Riau, Jateng, Jabar.

Di antara pengurus olahraga rekreasi yang hadir adalah olah raga gasing, "bike2work", "street ball", "breakdance" dan senam asma.

Formi sebagai satu satunya federasi olahraga yang mempunyai anggota organisasi olahraga masyarakat, olah raga tradisional dan Olahraga rekreasi telah melaksanakan Undang-Undang No 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan yang dibagai menjadi tiga pilar, yaitu olah raga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga rekreasi.



sumber : http://id.news.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar