07/01/10

76 Persen Pasien Operasi Sinus Membaik

TUJUH puluh enam persen pasien yang menjalani operasi sinus kronis mengalami peningkatan kualitas hidup yang signifikan selebihnya mengalami perbaikan. Chronic rhinosinusitis (CRS) merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan rasa sakit dan tekanan pada sinus, sakit kepala, pilek dan bersin.

"Temuan ini menguatkan keyakinan bahwa operasi sinus meningkatkan kualitas hidup pasien, baik secara klinis maupun ilmiah," terang Dr. Jordan S. Josephson seorang pakar alergi dari Lenox Hill Hospital di New York City.

Dalam studi yang dipublikasikan di Otolaryngology -- Head and Neck Surgery ini, peneliti Smith dari Oregon Sinus Center dan teman-temannya mempelajari 302 pasien CRS. Peneliti mengikuti perkembangan pasien hingga 18 bulan setelah operasi.

"Pasien ini paling tidak telah mengalami gejala selama 3 bulan dan memiliki bukti peradangan dan infeksi hidung serta sinus berkelanjutan,รข€ terang Smith, seperti dikutip situs healthday.

Setelah menjalani operasi, 76 persen pasien secara klinis terbukti mengalami perbaikan hidup.

"Tapi bukan berarti setiap orang dengan CRS harus menjalani operasi. Anda bisa mencoba terapi medis. Jika gagal, operasi merupakan pilihan yang baik," tutur Josephson.

www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar