06/01/10

Si Penyakit Flu

Ciri : bersin-bersin, hidung meler, dan badan terasa tidak enak. Flu atau bukan ya? Belum tentu itu flu, bisa saja kita terkena selesma. Perbedaannya yaitu flu biasanya disertai dengan demam tinggi, badan sangat lemas dan lelah, leher sakit, batuk kering, sakit kepala hebat, otot-otot sakit, hidung meler, badan menggigil dan tidak selera makan. Sedangkan selesma gejalanya lebih ringan dari flu. Meskipun disertai batuk dan pilek yang parah, namun gejala selesma biasanya tidak disertai sakit otot dan demam tinggi.

Kedua penyakit diatas yang mirip ini ternyata disebabkan oleh virus yang berasal dari satu keluarga. Virus flu itu terdiri dari banyak jenis. Setiap jenis virus menyebabkan tingkat penyakit yang berbeda-beda. Semakin ganas virusnya maka penyakit yang ditimbulkan pun semakin berat itu pun kalo daya tahan tubuh nya sedang lemah, kita bisa tertular. Flu biasanya akan berlangsung 5 sampai 10 hari.

Biasanya flu bisa sembuh dengan sendirinya. Kekuatan daya tahan tubuh kitalah yang akan membunuh virus-virus. Lendir / ingus yang keluar merupakan salah satu usaha untuk mengeluarkan virus dari tubuh. Begitupun juga dengan dahak yang dikeluarkan saat batuk. Demam juga merupakan tanda bahwa tubuh kita sedang berusah melawan dan membunuh virus. Saat terkena selesma atau flu usahakan minum air yang banyak karena cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa akan membantu melegakan saluran pernapasan. Akan tetapi kalau gejalanya sudah lebih dari 3 hari lebih baik cepat-cepat diperiksakan ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar