06/01/10

Rahasia Matahari

Tanpa adanya matahari bumi kita akan sangat gelap. Banyak fakta-fakta tentang matahari, yaitu:

Matahari sangatlah besar. Mempunyai keliling kira-kira 1,4 juta kilometer. Diandaikan matahari adalah bola basket, bumi hanyalah seujun jari tangan kita.

Matahari terihat kecil karena letaknya sangat jauh. Kira-kira 150 juta kilometer dari bumi. Waw sangat tidak dipercaya..

Saking hebatnya meskipun jauh, matahari masih bisa mengirim cahaya sampai ke bumi. Perjalanan akan cahaya nya pun lumayan juga, 8 detik untuk sampai di bumi.

Satu hal yang penting jangan menatap langsung ke matahari. Cahayanya yang kuat bisa membutakan mata kita hanya dalam hitungan detik. Dikarenakan mata kita tidak kuat menahan cahaya sekuat cahaya matahari.

Walau pun gitu matahari juga punya umur lhoo. Kira-kira matahari berumur 4,5 milyar tahun. Dan diperkirakan juga matahari masih bisa bertahan sampai umur 5 milyar. Sinar itu didapat dari perubahan hydrogen yang menjadi helium melalui fusi nuklir. Setiap detik ada 700 juta ton hydrogen yang diubah menjadi gas helium, sesudah 5 milyar tahun hydrogen di matahari akan habis.

Matahari juga membuat tanaman bisa berfotosintesa. Tanpa matahari sangat mustahil bisa ada nya tumbuh-tumbuhan di bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar