07/01/10

Korban Selamat Tragedi Hiroshima-Nagasaki Meninggal

Liputan6.com, Tokyo. Satu-satunya korban selamat tragedi bom atom Hiroshima dan Nagasaki saat Perang Dunia II bernama Tsutomu Yamaguchi akhirnya mengembuskan napas terakhir di Tokyo, Jepang, Senin silam. Seperti dilansirCNN, baru-baru ini, Yamaguchi meninggal dalam usia 93 tahun akibat kanker perut.

Beberapa waktu silam, pemerintah Jepang telah menganugerahi penghargaan Hibakhusa kepada Yamaguchi. Hibakusha diberikan bagi orang yang dianggap mampu bertahan dari radiasi bom atom Nagasaki pada 9 Agustus 1945.

Ternyata, tiga hari sebelumnya atau 6 Agustus 1945, Yamaguchi berada di Hiroshima untuk urusan bisnis. Ketika itu pasukan Amerika Serikat menjatuhkan bom atom dari pesawat B-29.

Yamaguchi menderita cedera bakar serius di bagian atas tubuh. Ajaibnya, ia hanya menghabiskan waktu semalam di Hiroshima dan kembali ke Nagasaki. Namun, dia pulang di saat yang tidak tepat. Pasukan AS ternyata menjatuhkan bom atom kedua di kota kelahirannya.

Yamaguchi kerap diminta tampil di depan publik untuk menceritakan penderitaaan serta pengalamannya. Bahkan, ia juga meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa menghapus senjata nuklir di seluruh dunia.

Sutradara Titanic dan Avatar, James Cameron, bahkan dikabarkan sempat menjenguk dan berdiskusi dengan Yamaguchi saat dirawat di Rumah Sakit Nagasaki, Desember lalu. Demikian dirilis surat kabar setempat Mainichi seperti dikutip CNN.

www.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar