08/01/10

Burger Hijau Berselimut Daun Pisang


Ema Nur Arifah - detikBandung

Bandung - Berbagai nama dengan beragam variasi menu burger sudah bertebaran di Kota Bandung. Tapi mungkin ada yang belum mencoba burger yang satu ini. Namanya Maio Greenburger. Lokasinya berada di salah satu kawasan distro di Jalan Buah Batu 205.

Beda dari burger pada umumnya, rotinya berwarna hijau yang berasal dari hijaunya sari tumbuhan. Campuran antara daun pandan dan tumbuhan pewarna alami yang membuat roti burger berwarna hijau cerah.

Berdasarkan wawancara dengan supervisor Maio Sarif Hidayat (24), dua dari tiga pemilik Maio adalah personel The Milo yaitu unyil dan opik. Menurutnya, sebelum mendirikan Maio, pemiliknya juga membuka usaha serupa tapi franschise dari merek lain.

"Tapi karena ingin beda akhirnya bikin burger yang beda dari yang lain," ujar Sarif. Jadilah burger hijau yang diracik dengan bahan-bahan alami.

Bahan untuk rotinya sama dengan roti burger pada umumnya, hanya saja ditambahkan daun pandan untuk pewangi dan tumbuhan lain sebagai pewarna.Tapi ketika ditanya tanaman apa itu, Sarif masih enggan berbagi rahasia.

Menurut Sarif, dengan campuran dua bahan tersebut selain membuat warna roti jadi hijau teksturnya juga lebih lembut. Sekilas, roti ini mirip dengan bakpau. "Ada juga yang nyangka ini bakpau," tutur Sarif.

Tapi tentu saja bukan. Meski dari rotinya beda, dari sisi penyajian tetap sama dengan burger pada umumnya. Ada dua menu yang jadi andalan, yakni beef greenburger dan greenburger with cheese.

Untuk sayuranya menurut Sarif tidak memakai selada tapi lettuce yang katanya lebih enak. Kemudian ditambahkan tomat dan mentimun, saus sambal, mayonaise, dan daging. Kalau memesan greenburger with cheese, ditambahkan selembar keju.

"Untuk mayonaisenya kita bikin sendiri karena ingin punya ciri khas rasa mayonaise sendiri. Begitupun dagingnya kita buat sendiri dari daging cincang," tuturnya.

Penyajian mayonaisenya pun lebih banyak daripada burger lain. Makanya jangan heran saat bungkus dibuka, mayonaise melebar alas burger. Pengunjung pun boleh minta tambahan mayonaise hingga limit tertentu. Bisa jadi, nama Maio yang diambil dari mayonaise ini yang dipilih.

Uniknya, greenburger ini dibungkus dengan daun pisang untuk mendukung konse global warming. Sebelum disajikan dipanaskan di microwave selama satu menit agar aroma daun pisang juga bisa menyatu dengan burger.

Harga satu porsi greenburger tanpa keju Rp 12 ribu, sedangkan dengan keju Rp 13.500.

Untuk yang kurang menyukai greenburger juga disediakan burger original yang menggunakan roti burger biasa. Selain burger, ada juga menu hot dog. Dengan bahan sosis dari Jerman dan disajikan juga dengan isian daging cincang.

www.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar